Minggu, 17 Maret 2024

Safari Ramadhan Kecamatan di Desa Sungai Toman Khidmat


SABAKUPDATE.COM, MENDAHARAULU
- Safari Ramadhan Kecamatan Mendahara Ulu yang dilaksanakan di Masjid Baiturrahman RT 02 Desa Sungai Toman, berjalan khidmat, Senin (18/3) malam.


Safari Ramadhan kecamatan yang kedua ini turut dihadiri Camat Mendahara Ulu, Ediyanto, S.Pd, Sekcam, Kepala Kantor Urusan Agama (KUA), Kapolsek, BKTM, Babinsa, Kepala Desa Sungai Toman, Zulkarnain beserta para Kadus, RT dan perangkat Desa Sungai Toman, Tokoh Agama dan Pemuda, Penyuluh Agama Islam, Ketua PABPDSI Mendahara Ulu.


Pada kesempatan itu, tim safari Ramadhan juga menyerahkan bantuan Konsumtif dari Baznas Kabupaten Tanjabtim untuk 6 orang guru ngaji di Desa Sungai Toman, masing-masing mendapatkan Rp. 250.000. Selain itu ada juga bantuan Mushaf Al-Qur'an dari KUA Kecamatan Mendahara Ulu. 


Setelah Penyerahan Bantuan Kegiatan dilanjutkan dengan Berbuka Puasa Bersama, Shalat Maghrib, Isya', Tarawih dan Witir berjemaah.


Kepala Desa Sungai Toman, Zulkarnain mengatakan, kegiatan Safari Ramadhan Kecamatan ini memang perlu dilakukan setiap bulan suci Ramadhan. Selain baik untuk agama, juga tempat bersilaturrahmi antara pemerintah desa dan kecamatan. 


"Saya berharap agar dengan adanya Safari Ramadhan ini juga dapat menambah wawasan atau pendalaman tentang Agama, khususnya bagi kaula muda," harapnya.



Selanjutnya, Zulkarnain mengimbau masyarakat Desa Sungai Toman untuk berhati-hati jika ingin meninggalkan rumah. Pastikan rumah sudah dalam keadaan terkunci rapat, sehingga tidak memudah pencuri masuk. Kemudian masyarakat juga harus waspada terhadap api, terutama api kompor.


"Sebelum tidur lebih baik untuk diperiksa dulu, apakah kompor dalam keadaan hidup atau mati, agar tidak menimbulkan hal yang tidak diinginkan," pintanya.


Mengingat Pemilu telah usai, maka tidak ada lagi yang berselisih dan beda pendapat. Maka Ia berharap agar masyarakat Sungai Toman kembali bersatu dan kompak tidak adalagi Tim A, B, maupun C tidak adalagi nomor 1, 2 dan 3.


"Masih ada pesta demokrasi yang akan digelar bulan November mendatang untuk Pilkada atau pemilihan Bupati dan Wakil Bupati.  Untuk itu, saya berharap agar warga Desa Sungai Toman tetap kompak dan tidak terpecah belah," tutupnya.(mjs)