Minggu, 02 Juni 2024

Ketua Bawaslu Minta 93 PKD yang Lolos Jaga Independensi dan Netralitas


SABAKUPDATE.COM, MUARASABAK
- Setelah melalui tahapan perekrutan, akhirnya sebanyak 93 peserta dinyatakan lolos menjadi Pengawas Kelurahan Desa (PKD). Dimana hasil seleksi telah diumumkan pada hari Jumat, 31 Mei 2024. 


Ketua Bawaslu Kabupaten Tanjabtim, Tarmuzi, S.Pd.I mengatakan, untuk perekrutan PKD ini telah melalui tahapan sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan, mulai dari tahapan pendaftaran, verifikasi dan hasil verifikasi berkas, tes wawancara, pleno penetapan hingga pengumuman peserta yang lolos. 


"Karena sebelumnya Panwascam belum dilantik, jadi untuk tahapan pendaftaran 5 kecamatan diambil alih Bawaslu Kabupaten Tanjabtim. Sedangkan 6 kecamatan dilaksanakan di wilayah masing-masing. Setelah Panwascam dilantik baru lah tahapan perekrutan PKD diserahkan semua ke kecamatan," katanya.


Selanjutnya, sesuai dengan jadwal dan ketentuan dari tanggal 1 dan 2 Juni 2024, Panwaslu Kecamatan telah melaksanakan pelantikan di masing-masing wilayah. Dirinya juga telah menghadiri pelantikan sekaligus pembekalan di Panwascam Kecamatan Dendang, Minggu (2/6) kemarin. Sebanyak 1 PKD kelurahan dan 5 PKD desa yang dilantik.


"Total ada 6 PKD yang dilantik di Panwascam Dendang. Kalau untuk keseluruhan PKD yang tersebar di 11 kecamatan yakni ada 93 PKD, dengan rincian 20 PKD kelurahan dan 73 PD desa," terangnya.


Tarmuzi, S.Pd.I berharap PKD yang telah dilantik pada tanggal 1 dan 2 Juni 2024, agar menjaga Integritas Independensi dan Netralitas selama tahapan Pilkada serentak tahun 2024 berlangsung. PKD dituntut untuk bisa bersinergi dan berkolaborasi dengan PPS yang ada di kelurahan dan desa.


"Tugas PKD sudah didepan mata, yakni mengawasi Pantarlih dalam melakukan Coklit (Pencocokan dan Penelitian) data daftar pemilih. PKD adalah ujung tombak dalam melakukan pengawasan ditingkat kelurahan atau desa, karena PKD lah yang tau betul kondisi di lapangan," tukasnya.(mln)