Selasa, 17 Maret 2020

Sambut Ramadhan, Tanjabtim Antisipasi Lonjakan Harga Sembako

SABAKUPDATE.COM, MUARASABAK - Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim), telah mempersiapkan jauh-jauh hari mengantisipasi stabilitas harga dan ketersediaan bahan pokok saat menyambut bulan suci Ramadhan tahun 1441 H/2020 M mendatang.

    Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Tanjabtim, Hero Suratman melalui Kabid Perdagangan, Afrinaldi mengatakan, antisipasi yang dilakukan ialah dengan menggelar Operasi Pasar menjelang dan saat bulan suci Ramadhan.

Untuk Operasi Pasar dari Pemprov Jambi ada 4 titik yang akan digelar.  Namun, pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak Pemprov Jambi dalam mensinergikan program yang nantinya direlokasikan disetiap kecamatan dalam lingkup Kabupaten Tanjabtim.

"Minimalnya itu 4 titik dan titik yang tepat sasaran dan lebih diutamakan adalah kecamatan yang memiliki masyarakat ekonomi ke bawah. Namun tidak menutup kemungkinan untuk beberapa kecamatan lain juga akan kita laksanakan Operasi Pasar melalui APBD Tanjabtim," terangnya.

Dia menambahkan, kenaikan harga Sembilan Bahan Pokok (Sembako) pada hari-hari besar menurutnya, sudah menjadi tradisi dan disebabkan tingginya permintaan akan kebutuhan pokok tersebut. Untuk itu, pihaknya akan melakukan pemantauan serta pengawasan terhadap bahan pokok tersebut.

"Kita juga memiliki tim Satgas yang akan memantau kebutuhan Sembilan Bahan Pokok (Sembako) dipasar nantinya. Apabila terjadi kenaikan yang lebih tinggi nanti kita coba kordinasikan kepada instansi yang lebih tinggi," ungkapnya.

Dia juga menghimbau kepada pedagang untuk tidak melakukan penumpukan Sembako. Pihaknya juga telah memasang harga masing-masing kelompok yang menghasilkan produksi di setiap pasar.

"Jadi bisa kita prediksi kelompok dari daerah mana, kecamatan mana, bulan berapa segera dilakukan produksi," himbaunya.(adk)