Rumah Oleh-Oleh Kuala Jambi Sajikan Kerajinan dan Kreatifitas Masyarakat

Rumah Oleh-Oleh Kuala Jambi Sajikan Kerajinan dan Kreatifitas Masyarakat


SABAKUPDATE.COM, KUALAJAMBI
 - Ketua TP-PKK Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim), Hj. Wirdayanti Romi secara resmi membuka Rumah Oleh-Oleh Kuala Jambi, pada Senin (21/9) kemarin.


Peresmian tersebut juga dihadiri Camat Kuala Jambi, Taufiq Kurniawan, SSTP bersama Ketua TP-PKK Kecamatan Kuala Jambi, Novriyanti Taufiq, S.Pd,.M.Pd. Ketua Baznas Tanjabtim, KH. As'ad Arsyad, M.Ag, para pengurus TP-PKK Kabupaten Tanjabtim, para Kades dan Lurah se Kecamatan Kuala Jambi serta para pelaku usaha UMKM se Kecamatan Kuala Jambi.


Camat Kuala Jambi, Taufiq Kurniawan, SSTP dalam sambutannya mengatakan, bahwa awalnya Pemerintah Kecamatan melihat potensi wisata dan kuliner yang ada di Kecamatan Kuala Jambi atau yang lebih dikenal Kampung Laut ini. Sehingga pihaknya berfikir harus membuat sesuatu yang dapat dibawa pulang oleh pengunjung luar ke rumahnya.


"Maka dari itu, dengan segala upaya dan koordinasi, sehingga berdiri lah Rumah Oleh-Oleh Kuala Jambi ini yang bekerjasama dengan Baznas Tanjabtim," katanya.



Dalam hal ini, Rumah Oleh-Oleh Kuala Jambi mengusung konsep pemberdayaan masyarakat dengan tujuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat setempat. Pasalnya, di Kecamatan Kuala Jambi ini banyak kreatifitas-kreatifitas pengrajin, usaha-usaha masyarakat, namun terkendala dalam pemasarannya.


"Melalui Rumah Oleh-Oleh Kuala Jambi ini kami berupaya untuk membantu memasarkan dan mempromosikan, baik kerajinan tangan, kuliner maupun yang lainnya," ucapnya.


"Mudah-mudahan dengan adanya rumah oleh-oleh ini, Kecamatan Kuala Jambi ini semakin dikenal luas pada khususnya, dan Kabupaten Tanjabtim pada umumnya oleh masyarakat luar," harapnya.


Adapun produk yang dijual di Rumah Oleh-Oleh Kuala Jambi ini, berupa cindera mata, souvenir,  produk olahan makanan dan pakaian ciri khas Kecamatan Kuala Jambi.


Ketua Baznas Tanjabtim, KH. As'ad Arsyad, M.Ag menyampaikan, bahwa dari 11 kecamatan di Kabupaten Tanjabtim ini, baru Kecamatan Kuala Jambi yang memiliki inisiatif membuka rumah oleh-oleh ini. Kegiatan seperti ini memang masuk dalam program Baznas dalam hal pengembangan ekonomi dan Home Industry.


"Baznas Kabupaten Tanjabtim sangat mendukung berdirinya Rumah Oleh-Oleh Kuala Jambi dalam hal pemberdayaan masyarakat. Semoga apa yang menjadi impian dari Camat Kuala Jambi dan kita semua bisa terwujud kedepannya," harapnya.



Sementara, Ketua TP-PKK Kabupaten Tanjabtim, Hj. Wirdayanti Romi mengungkapkan, mudah-mudahan dengan adanya Rumah Oleh-Oleh Kuala Jambi ini bisa menambah semangat pengrajin untuk membuat kerajinannya agar bisa menarik para pengunjung untuk datang ke Kecamatan Kuala Jambi ini. 


"Dekranasda Kabupaten Tanjabtim sifatnya menunjang kerajinan, mulai dari pengrajin batik sampai makanan, Alhamdulillah melalui Dekranasda sudah banyak kerajinan yang mengalami kemajuan sampai ke luar daerah dan ke luar negeri," sebutnya.


Acara dilanjutkan dengan penyerahan cindera mata oleh Ketua TP-PKK Kecamatan Kuala Jambi kepada Ketua TP-PKK Kabupaten Tanjabtim. Selanjutnya peresmian Rumah Oleh-Oleh Kecamatan Kuala Jambi oleh Ketua TP-PKK Kabupaten Tanjabtim.(mln)

Komentar Pembaca