Senin, 13 Mei 2024

Bupati Romi Buka Lokakarya Nasional Forum Penilai Ahli Kegagalan Bangunan


SABAKUPDATE.COM, MUARASABAK
- Bupati Tanjabtim, H. Romi Hariyanto, SE secara resmi membuka Lokakarya Nasional Forum Penilai Ahli Kegagalan Bangunan yang diselenggarakan Dinas PUPR Kabupaten Tanjabtim bekerjasama dengan LPJK Kementerian PUPR dan DPD IALKI Provinsi Jambi, Senin (13/5) siang.


Dengan mengangkat tema ``Penerapan Manejemen Mutu Pekerjaan Konstruksi Dalam Rangka Pencegahan Kegagalan Bangunan``, kegiatan tersebut menghadirkan Pengurus LPJK Bidang III Kementerian PUPR selalu narasumber, Prof. Dr. Ir. Agus Taufik Mulyono, ST., MT., IPU., ASEAN. Eng, Ketua DPD IALKI Provinsi Jambi, H. Untung Yusril, S.T., M.T., CPSP., CCMS, Moderator, Dr. Ir. H. Amsor M. Das, M. Eng. 


Selain itu, hadir Kepala Dinas PUPR Kabupaten Tanjabtim, Dedy Novrianika, ST,. MM dan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tanjabtim, Drs. Muhammad Eduard, para Kepala OPD lingkup Pemkab Tanjabtim serta para peserta Lokakarya Nasional.


H. Romi Hariyanto dalam sambutannya mengatakan, bahwa harapan dilaksanakannya kegiatan ini tidak hanya sebatas seremonial saja, harus ada dampak positif bagi semuanya. Dan Romi meminta agar di kegiatan ini teman-teman dari LSM dan media maupun aparat hukum bisa dihadirkan.


"Karena menurut saya ini sangat penting sekali. Jadi perlu kawan-kawan dari aparat hukum, seperti Polres dan Kejari serta LSM dan Media juga ikut dalam kegiatan ini," katanya.


Kenapa kegiatan ini harus melibatkan mereka, karena ini menyangkut dengan konstruksi jalan maupun bangunan. Jadi hal ini harus ada satu kesepahaman antara Pemerintah Daerah dengan masyarakat dan pihak-pihak yang selama ini menjadi pengawas dalam pembangunan.


"Jangan nanti, dari sisi Pemerintah Daerah mengatakan kegagalan bangunan itu adalah perdata, akan tetapi yang lainnya menganggap itu adalah sebagai pidana. Jadi memang harus perlu satu kesepahaman," ungkapnya.


Menurutnya, memang peserta diluar instansi sangat perlu juga ikut dalam kegiatan ini, kalau hanya melibatkan peserta yang ada dilingkup dinas saja, maka tidak akan berguna. 


"Kalau cuma orang didalam yang paham, sementara orang diluar tidak paham, tidak ada gunanya. Untuk itu saya berharap kegiatan ini harus ada manfaatnya," harapnya.


Usai menyampaikan sambutan, Bupati Tanjabtim, H. Romi Hariyanto, SE secara langsung menyerahkan cinderamata kepada Pengurus LPJK Bidang III Kementerian PUPR selalu narasumber, Prof. Dr. Ir. Agus Taufik Mulyono, ST., MT., IPU., ASEAN. Eng dan kepada Ketua DPD IALKI Provinsi Jambi, H. Untung Yusril, S.T., M.T., CPSP., CCMS.(mln)