Senin, 01 April 2024

Sekda Buka Gerakan Pangan Murah Jelang Idul Fitri 1445 H


SABAKUPDATE.COM, MUARASABAK
- Menjelang hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024 M, Pemerintah Kabupaten Tanjabtim menggelar Gerakan Pangan Murah, Senin (1/5) kemarin. Tampak ratusan masyarakat memadati lokasi Gerakan Pangan Murah yang di Halaman Kantor Bersama tersebut.


Sekda Tanjabtim, Sapril, S.IP pada kesempatan tersebut membuka secara resmi Gerakan Pangan Murah didampingi Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Tanjabtim, Fajar Alamsyah, Kepala Dinas Perindag, Muhammad Awaluddin dan sejumlah Kepala OPD serta tamu undangan.


Sekda dalam sambutannya menyampaikan, bahwa terkait dengan kegiatan gerakan pangan murah, pihaknya telah melaksanakan zoom meeting bersama Pemerintah Pusat.


Untuk kegiatan pangan murah ini telah diikuti oleh 12 Pelaku usaha termasuk Bulog, dan kegiatan ini pada dasarnya disamping untuk mengendalikan inflasi di daerah juga untuk memastikan pasokan serta keterjangkauan harga di masyarakat terhadap kebutuhan pokok.


"Yang jelas harganya lebih murah dari harga pasar, untuk beras SPHP hanya Rp 57.000 per karung isi 5 kilogram, gula pasir Rp 16.000 per/Kg, dan minyak goreng Rp 16.000, intinya sedikit lebih murah dari harga pasaran," ujarnya.


Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Tanjabtim, Fajar Alamsyah mengatakan, Gerakan Pangan Murah ini sengaja dilaksanakan, karena kebutuhan masyarakat menjelang hari raya Idul Fitri 1445 H/ 2024 M dipastikan akan meningkat.


"Gerakan Pangan Murah ini juga bertujuan untuk mengendalikan harga pangan di pasar yang masih tinggi," jelasnya.


Fajar Alamsyah yang pernah menjabat Sekretaris Dinas Perkebunan dan Peternakan Tanjabtim ini juga mengaku kalau kegiatan ini merupakan kerjasama antara Pemkab Tanjabtim dengan Perum Bulog Kuala Tungkal dan 11 pelaku usaha yang lainnya.


"Kegiatan ini pada dasarnya disamping untuk mengendalikan inflasi di daerah juga untuk memastikan pasokan serta keterjangkauan harga di masyarakat terhadap kebutuhan pokok," terangnya.


"Mudah-mudahan dengan adanya Gerakan Pangan Murah ini, masyarakat terbantu untuk menyambut lebaran," harapnya.(mln)