Kamis, 02 Mei 2024

Wabup Tanjabtim Pimpin Upacara Hardiknas 2024


SABAKUPDATE.COM, MUARASABAK
- Wakil Bupati Tanjabtim, H. Robby Nahliyansyah memimpin upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2024, di lapangan Kantor Bupati Tanjabtim, Kamis (2/5) pagi.


Mengenakan pakaian Teluk Belanga, upacara tampak hidup dengan balutan warna warni baju kebanggaan Melayu Jambi menghiasi lapangan upacara. Tampak hadir Sekda Tanjabtim, Sapril, Forkompinda, para Kepala OPD, ribuan ASN lingkup Pemkab Tanjabtim, ratusan guru dan pelajar serta tamu undangan yang hadir.


Wabup Tanjabtim, H. Robby Nahliyansyah saat menyampaikan pidato Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI, Nadiem Anwar Makarim mengatakan, bukan hal yang untuk mentransformasi sebuah sistem yang sangat besar. Bukan tugas yang sederhana untuk mengubah perspektif tentang proses pembelajaran. Pada awal perjalanan, membuat perubahan butuh perjuangan.


"Ketika langkah kita mulai serempak, kita dihadapkan dengan tantangan yang tak pernah terbayangkan yakni pandemi. Dampak yang ditimbulkan mengubah proses belajar mengajar dan cara hidup kita secara drastis," katanya.


Ombak kencang dan karang tinggi sudah dilewati bersama. Kini, saat ini sudah mulai merasakan perubahan terjadi disekitar, digerakkan bersama-sama dengan langkah yang serempak dan serentak. Wajah baru pendidikan dan kebudayaan Indonesia sedang dibangun bersama dengan Gerakan Merdeka Belajar.


"Kita sudah mendengar lagi anak-anak Indonesia berani bermimpi karena mereka merasa merdeka saat belajar di kelas. Kita sudah melihat lagi guru-guru yang berani mencoba hal-hal baru karena mereka mendapatkan kepercayaan untuk mengenal dan menilai murid-muridnya," ungkapnya.


Lima tahun bukan waktu yang sebentar untuk menjalankan tugas memimpin Gerakan Merdeka Belajar. Namun, Lima tahun juga bukan waktu yang lama untuk membuat perubahan yang menyeluruh. Kita sudah berjalan menuju arah yang benar, tetapi tugas kita belum selesai. Semua yang telah kita jalankan harus diteruskan sebagai gerakan yang berkelanjutan. 


"Semua yang sudah kita upayakan harus dilanjutkan sebagai perjalanan ke arah perwujudan sekolah yang kita cita-citakan," sebutnya.


Waktu yang bergulir membawa pada akhir masa pengabdiannya sebagai Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Namun, ini bukan lah titik akhir dari Gerakan Merdeka Belajar. Dengan penuh ketulusan, Nadiem Anwar Makarim ucapkan terima kasih banyak atas perjuangan yang ibu dan bapak lakukan.


"Dengan penuh harapan, saya titipkan Merdeka Belajar kepada anda semua, para penggerak perubahan yang tidak mengenal kata menyerah untuk membawa Indonesia melompat ke masa depan," harapnya.


"Selamat Hari Pendidikan Nasional. Mari terus bergotong royong menyemarakkan dan melanjutkan Gerakan Merdeka Belajar," ucapnya.(mln)